Analisis Tajuk Rencana


A.    Latar Belakang
Setiap media massa dalam bentuk cetak maupun elektronik pasti memiliki ideologi-ideologi. Tajuk Rencana berisikan opini yang dibuat oleh dewan redaksi mengenai suatu persoalan tertentu yang sedang marak dalam pemberitaan di tengah masyarakat. Opini yang dibangun biasanya mengenai sikap media apakah mendukung atau menentang terhadap suatu persoalan yang sedang terjadi. Tajuk Rencana disampaikan dengan argumentasi-argumentasi guna mendukung kebijakan redaksional yang hendak diangkat. Tajuk Rencana umumnya digabung dalam halaman Opini dari pembaca, Surat Pembaca, dan Anekdot dari redaksi.
Analisa ini, dilakukan untuk mengetahui ideologi atau nilai yang diangkat oleh media yang bersangkutan. Karena apa yang terdapat dalam Tajuk Rencana dapat dikatakan juga sebagai keadaan sesungguhnya yang ada dibalik suatu media. Identitas suatu media massa senantiasa tertuang dalam Tajuk Rencana. Dengan sifatnya yang demikian Tajuk Rencana kami jadikan sebagai sarana penelitiaan untuk mengetahui kecenderungan sikap media massa terhadap suatu persoalan tertentu. Selain itu, didalam tajuk rencana sering kali didapati judul yang berbeda dalam beberapa media tetapi, isi dari tajuk rencana tersebut membahas masalah yang sama.
B.     Tajuk Rencana Kompas
Kompas adalah media cetak yang berpusat di Jakarta, Kompas memiliki kualitas artikel serta berita yang membidik pangsa pasar golongan menegah keatas. Dalam kolom tajuk rencana Kompas konsisten mengangkat nama untuk kolom tersebut sebagai Tajuk Rencana. Kompas membagi kolom tajuk rencananya menjadi dua bagian, yaitu mengenai berita dalam negeri dan berita luar negeri untuk   dijadikan bahan opini redaktur. Pada tanggal 29 Maret, Kompas mengangkat dua buah masalah di dalam dan luar negeri politik sebagai latar belakang dalam kolom tajuk rencananya. Berikut penjelasan kedua tajuk rencana dalam Kompas.



Tabel 1. 1 Analisis Tajuk Rencana pada Kompas
Tajuk Nasional
Tajuk Internasional
Judul
INFRASTRUKTUR PEDESAAN

Judul
Tantangan Baru Liga Arab
Sub-Judul
Untuk mengatasi dampak kenaikan harga BBM, pemerintah dan DPR sepakat mengalokasikan anggaran Rp 8 triliun untuk infratruktur pedesaan.
Sub-Judul
-
Jenis
Isi
Jenis
Isi
Fakta
Selain itu, disepakati pula pengucuran dana kompensasi Rp 17 triliun dalam bentuk bantuan langsung sementara untuk masyarakat atau BLSM- sebelumnya bantuan langsung tunai- bagi 18,5 juta rumah tangga miskin yang akan diberikan dalam masa enam bulan serta program keluarga harapan Rp 1,8 triliun untun 1,56 rumah tangga sasaran.

Fakta
Selama 2 hari, 27-28 maret ini, liga arab menyelenggarakan konferensi tingkat tinggi di Baghdad, Irak. Apa yang bisa diharapkan dari KTT ini?

Fakta
Sebagai suatu langkah kebijakan, penyisihan sebagian dana kompensasi untuk membangun infrastruktur pedesaan sangat tepat, mengingat buruknya infrastruktur salah satu faktor utama penyebab kemiskinan pedesaan.

Fakta
Selain itu, disepakati pula pengucuran dana kompensasi Rp 17 triliun dalam bentuk bantuan langsung sementara untuk masyarakat atau BLSM- sebelumnya bantuan langsung tunai- bagi 18,5 juta rumah tangga miskin yang akan diberikan dalam masa enam bulan serta program keluarga harapan Rp 1,8 triliun untun 1,56 rumah tangga sasaran.
Fakta
Lebih-lebih lagi dana kompensasi dalam bentuk transfer tunai terbukti kurang mendidik, banyak penyimpangan dan kurang mengandung aspek pemberdayaan dalam jangka panjang. Pembangunan infrastruktur pedesaan, lewat program padat karya, juga lebih tepat sasaran karena menciptakan lapangan kerja langsung, membuka akses, mendorong pembangunan ekonomi pedesaan serta meningkatkan produktisitas masyarakat.
opini
Tujuan pembentukan liga arab adalah untuk memperkokoh  dan mengoordinasikan program-program politik budaya, ekonomi, dan sosial setiap anggota dan mediasi persengketaan antara anggota atau antara mereka dan pihak ketiga. Hanya saja ada yang mencatat bahwa 6 dasawarsa organisasi ini terkenal sebagai “ suka ngomong doang”  dengan kata lain tak efektif, tidak berbuat apa-apa atau tidak kompeten.
Fakta
Kelompok miskin adalah kelompok yang paling terpukul karena kenaikan harga BBM. Akibat kenaikan ini, penduduk miskin diperkirakan meningkat menjadi 12.8 persen atau diatas target 11,5-12,5 persen yang belum direfisi lagi ke 10.5-11,5pesen dengan adanya BLSM.
Fakta
Namun sejak berhembusnya angin refolusi disejumlah negara anggota –Tunisia , Mesir, Libya, dan sekarang Suriah- anggapan tersebut terbantahkan. Jumlah negara mulai bergerak dan menyatukan langkah mengantisipasi kalau-kalau angin refolusi juga menyapu mereka. Bahkan, mereka juga bersatu suara, misalnya, terakhir terhadap krisis di suriah.
Fakta
Pemerintah mengharapkan 60 juta penduduk miskin akan terangkat dari kemiskinan dengan adanya program pembangunan infrastruktur pedesaan ini. Namun, perlu diingat anggaran Rp 8 triliun untuk infrastruktur pedesaan tak akan otomatis mengatasi kemiskinan di desa. Yang lebih dibutuhkan adalah program yang berkesinambungan tak hanya langkah karikatif yang sifatnya jangka pendek.
opini
Memang “Arab Spring” –begitu barat menyebut refolusi yang terjadi di dunia arab membuat negara-negara anggota liga arab sadar bahwa ketidaksolidan mereka antara lain,memberi peluang terhadap interfensi kekuasaan asing. Hal itu bisa dilihat dalam kasus Libya. Negara-negara barat dengan NATO-nya, dengan restu PBB, ikut serta menyingkirkan Moammar Khadafy. Sekarang suriah yang menjadi sasaran selanjutnya.
Fakta
Perlu komitmen kuat untuk membangun pedesaan karena kemiskinan desa terbukti tak berkurang dengan adanya otonomi daerah dan desentralisasi yang demikian ekstensif. Kenyataan bahwa desa tetap kantong kemiskinan adalah gambaran bagaimana pedesaan dan masyarakatnya terus tertinggal dalam proses pembangunan.
Opini
Musim semi Arab itu juga melahirkan regionalisme baru diantara mereka selain juga mempertajam perbedaan rezim yang didominasi muslim suni dan muslim syiah. Sementara tututan demokratisasi dari rakyat dari waktu ke waktu semakin kuat dan jelas.
Fakta
Karena itu, gagasan mengalokasikan lebih besar untuk pedesaan termasuk dana yang disisikan dari pemangkasan anggaran kementrian atau lembaga, harus di dukung. Pada akhirnya, mengatasi kemiskinan di pedesaan akan membantu pula upaya mengatasi kemiskinan di perkotaan karena membantu membendung urbaninsasi.
Opini
Karena itu masalah timur tengah pada zaman sekarang tak lagi hanya soal konflik palestina Israel, tetapi juga tutuntutan demokratisasi dibanyak Negara anggota liga arab serta lahirnya rezim-rezim baru setelah jatuhnya para diktator, seperti di Tunesia, Libya, Yaman dan Mesir.
Opini
Agar benar-benar efektif, infrastruktur yang dibangun harus benar-benar dibutuhkan masyarakat dan bermanfaat untuk jangka panjang. Perhatian khusus juga perlu diberikan pada desa-desa tertinggal dan terisolasi.
Opini
Reformasi terhadap organisasi itu menjadi sebuah keniscayaan sehingga organisasi tersebut menjadi lebih efektif dalam menghadapi perubahan zaman sekaligus menjawab tuntutan rakyat dari setiap Negara anggota. Krisis disuriah menjadi salah satu ujian paling terkini dari liga Arab, bagaimana mereka berperan untuk menghentikan tindak kekerasandan tidak manusiawi yang dilakukan tentara pendukung rezim bazaar Alssad.
Opini
Pembangunan infrastruktur pedesaan seperti jalan jembantan, jaringan irigasi , dan waduk, hendaknya tidak berdiri sendiri tetapi harus disinergikan dan diintegrasikan dengan kebijakan mengatasi kemiskinan dan berbagai program pembangunan nasional lain termasuk MP3EI.
Opini
Dari Baghdad diharapkan reformasi itu terjadi.
Kesimpulan dari table diatas adalah, Kompas memiliki dua tajuk dalam kolom tajuk rencananya yaitu tajuk mengenai masalah nasional dan internasional. Keduanya memilikijumlah paragraph yang sama serta susunan tajuk yang diawali dengan fakta serta diikuti dengan opini. Namun, pada tajuk nasional Kompas lebih banyak mencantumkan fakta dari pada opini.

C.     Tajuk Rencana Jawa Pos
            Jawa Pos adalah media cetak yang berpusat di Surabaya, Jawa Pos memiliki kualitas artikel serta berita yang membidik pangsa pasar golongan menegah kebawah. Dalam kolom tajuk rencana Jawa Pos member nama Jati Diri sebagai nama kolomnya. Jawa Pos mengangkat masalah politik sebagai latar belakang dalam kolom Jati Dirinya. Berikut penjelasan kedua Jati Diri dalam Jawa Pos.
Tabel 1. 2 Analisis Jati Diri pada Jawa Pos
Judul
WAKIL WALI KOTA MEMIMPIN DEMO
Sub-Judul
-
Jenis
Isi
Opini
Sejak semula Jawa Pos mendukung otonomi daerah alias pro otonomi. Tetapi kami bertanya-tanya ketika melihat demo dua pimpinana daerah yang menentang pemerintah pusat. Bukan kali ini saja ada perbedaan pendapat antara pemerintah daerah dan pemerintah pusat. Namun baru kali ini ada dua wakil walikota yang memimpin demo melawan kebijakan pemerintah pusat menaikkan harga BBM.
Fakta
Ketika dipersoalkan , wakil walikota (Wawali) Surabaya Bambang D.H dan wawali Solo F.X Rudyatmo merasa berhak melakukan itu. Begitu juga sekjen PDIP Tjahjo Kumolo yang minta ditunjukan aturan (tertulis) yang dilanggar. Baiklah. Logika ino benar. Tapi hanya separo benar.
Tak mungkkin, untuk membangun kemuliaan manusia, semua hubungan antarmanusia di dunia ini dimuat dalam aturan tertulis resmi. Sebagai intoh, adakah larangan guru berlari dalam aturan tertulis? Tak ada. Yang ada adalah tindakan umum yang menyebutkan aturan itu tidak etis, tidak sopan, tidak pantas.
Opini
Begitulah, negeri ini lama lupa dengan yang namanya etika. Padahal, semua negeri yang maju dan sejahtera menjunjung tinggi etika. Aturan hukum yang tidak ukup untuk semua relasi antar manusi. Karena itu perlu etika dan kesopanan.
Opini
Seolah-olah kita adalah orang yang taat aturan ketika menyebutkan: mana aturan yang saya langgar? Logika itu biasanya menjadi alat berkilah ketika ada yang kepepet melakukan sesuatu yang dirasa tidak pantas atau dipertanyakan untuk ukuran umum. Jarang ada orang yang tidak controversial (secara etika) akan meminta ditunjukkan aturan tertulis ketika terpepet.
Fakta
Kepala daerah mendemo kebijakkan pimpinan pusat jelas sangat tidak etis, tidak pantas, dan tidak sopan. Kalau seorang kepala daerah bisa melakukan apapun seperti rakyat kebanyakan, untuk apa dia diberi kekuasaan seperti rakyat kebanyakan, untuk apa dia diberi oleh rakyat dalam menjalankan kekuasaan dipemerintahan. Namanya pemerintah daerah harus menuruti kebijakan pusat yang berlaku nasional.
Opini
Kalau memang kebijakaan itu dinilai memberatkan daerah, bukankah sebagai pimpinan daerah mereka bisa menggunakan kekuasaan agar rakyat tak terlalu terbebani. Misalnya, lewat mekanisme perubahan APBD pemberian pengganti kepada si miskin, atau cara lain. Bukankah selain dirugikan, daerah bisa mengambil keuntungan dengan mendesak pemerintah pusat, misalnya membangun infrastruktur di daerahnya dari penghematan subsidi BBM di APBN.
Opini
Kalau masih menyebut loyalitas kepada partai, lebih baik berkantor dipartai saja. Kalau berkantor di pemerintahan, logikanya harus melayani siapapun, tak hanya melantangkan aspirasi partai saja. Cara berfikir seperti itu sangatlah sempit, ala orang partai, bukan pemikiran daerahwan atau negarawan. Apalagi dengan bersikap heroic seolah-olah membela aspirasi rakyat.
Opini
Menaikkan harga BBM sebenarnya juga aspirasi akal sehat. Kalau diturutu, pasti semua ingin murah dan mudah saat ini. Subsidi keblabasan adalah cara berfikir jangka pendek, seperti cari uang yang dihabiskan untuk makan (dan yang makan subsidi ini kebanyakan orang bermobil!).
Opini
Padahal, kita perlu “menabung” berupa membangun infrasturktur dan meningkatkan kualitas pendidikan, misalnya. Justru peran pemda penting untuk menjaga akal sehat agar APBN bisa produktif.
Opini
Silakan pimpinan daerah berdemo, tapi pada saat yang sama dia bisa dianggap tak tahu etika

            Kesimpulan dari table diatas adalah, Jawa Pos memiliki dominan opini dalam penulisan tajuk rencana pada kolom Jati Diri. Jawa pos lebih mengutarakan opini redaksi dan hanya memberi sedikit fakta untuk menguatkan opini yang di sampaikan.
D.    Perbandingan Tajuk Rencana pada Kompas dan Jawa Pos
Kompas dan Jawa Pos merupakan dua media cetak yang kehadirannya lebih unggul jika dibandingkan dengan media massa yang ada. Karena kedua media tersebut memiliki eksistensi yang tinggi dikalangan masyarakat. Kompas yang membidik masyarakat kalangan menengah keatas sehingga memiliki bahasa penyampaian dalam artikelnya lebih ilmiah jika dibandingkan dengan Jawa Pos yang menggunakan bahasa yang fleksibel sesuai dengan prioritas pasar pada kalangan menengah kebawah. Dengan demikian, penulisan Tajuk Rencana pada kedua media cetak tersebut pasti terdapat perbedaan dalam segala aspek, seperti dapat dijelaskan pada table berikut.
1.      3 Tabel Perbedaan Unsur Tajuk Rencana pada Kompas dan Jawa Pos
Unsur
Kompas
Jawa Pos
Nasional
Internasional
Judul
Infrastruktur Pedesaan
Tantangan Baru Liga Arab
Wakil Walikota Memimpin Demo
Latar Belakang
Politik
Politik
Politik
Peristiwa
Pengalokasian dana anggaran pemerintah dan DPR untuk infrastruktur pedesaaan.
Penyelenggaraan KTT di Baghdad, Irak oleh Liga Arab

Opini
Agar benar-benar efektif, infrastruktur yang dibangun harus benar-benar dibutuhkan masyarakat dan bermanfaat untuk jangka panjang. Perhatian khusus juga perlu diberikan pada desa-desa tertinggal dan terisolasi. Pembangunan infrastruktur pedesaan seperti jalan jembantan, jaringan irigasi, dan waduk hendaknya tidak berdiri sendiri tetapi harus disenergikan dan diintregasikan dengan kebijakan mengatasi kemiskinan dan berbagai program pembangunan nasional lain termasuk MP3EI.

Reformasi terhadap organisasi itu menjadi sebuah keniscayaan sehingga organisasi tersebut menjadi lebih efektif dalam menghadapi perubahan zaman sekaligus menjawab tuntutan rakyat dari setiap negara anggota. Krisis di Suriah menjadi salah satu ujian paling terkini dari Liga Arab, bagaimana mereka berperan untuk menghentikan tindak kekerasan dan tidak manusiawi yang dilakukan tentara pendukung rezim Bazaar Al-Ssad.
Dari Baghdad diharapkan reformasi itu terjadi.

Menaikkan harga BBM sebenarnya juga aspirasi akal sehat. Kalau diturutu, pasti semua ingin murah dan mudah saat ini. Subsidi keblabasan adalah cara berfikir jangka pendek, seperti cari uang yang dihabiskan untuk makan (dan yang makan subsidi ini kebanyakan orang bermobil!).
Padahal, kita perlu “menabung” berupa membangun infrasturktur dan meningkatkan kualitas pendidikan, misalnya. Justru peran pemda penting untuk menjaga akal sehat agar APBN bisa produktif.

Dari table diatas, dapat ditarik kesimpulan bahwa dalam Kompas memiliki dua Tajuk Rencana, yaitu lingkup masalah Nasional dan Internasional, sedangkan pada Jawa Pos hanya memiliki satu Tajuk Rencana. Kebanyakan, media massa lebih menyoroti masalah politik yang terjadi pada kolom Tajuk Rencananya dan memberikan opini-opini untuk masalah tersebut
.
a.                    Analisis Judul
Jawa Pos memakai judul “Wakil Walikota Memimpin Demo” sedangkan pada Kompas memakai judul “Infrastruktur Pedesaan” dapat disimpulkan bahwa pada kedua media cetak tersebut terdapat perbedaan pandangan tentang rencana kenaikan harga BBM. Jawa Pos lebih menyoroti dampak negatif yang terjadi akibat kenaikan harga BBM, sedangkan Kompas lebih menyoroti dampak positif yang harus diterima masyarakat kalangan bawah akibat kenaikan harga BBM.
b.                  Analisis Latar Belakang
            Jawa Pos dan Kompas memiliki kesamaan dalam mengangkat topik dengan latar belakang yang sama yaitu latar belakang politik. Hal itu disebabkan karena topik tersebut sedang marak diperbincangkan oleh berbagai media massa.
c.                   Analisis Peristiwa
            Dalam mengangkat peristiwa yang terjadi di masyarakat, kedua media cetak tersebut memiliki persamaan yaitu, mengenai dampak rencana pemerintah untuk menaikan harga BBM. Namun, pada keduanya terdapat perbedaan peristiwa yang terjadi dalam masyarakat. Jawa Pos mengangkat tentang Wakil Wali Kota yang ikut andil dalam demo menolak kenaikan BBM, sedangkan pada Kompas mengangkat tentang kewajiban pemerintah untuk memajukan infrastruktur desa apabila terjadi kenaikan harga BBM. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pada keduanya menyikapi kenaikan harga BBM dengan sudut pandang yang berbeda.
d.                  Analisis Opini
Opini adalah gagasan tertulis yang disampaikan seseorang melalui media tulisan untuk menyikapi suatu fenomena sosial dalam masyarakat. Pad         a Analisis opini Kompas sebagai berikut.
 Agar benar-benar efektif, infrastruktur yang dibangun harus benar-benar dibutuhkan masyarakat dan bermanfaat untuk jangka panjang. Perhatian khusus juga perlu diberikan pada desa-desa tertinggal dan terisolasi. Pembangunan infrastruktur pedesaan seperti jalan jembantan, jaringan irigasi, dan waduk hendaknya tidak berdiri sendiri tetapi harus disenergikan dan diintregasikan dengan kebijakan mengatasi kemiskinan dan berbagai program pembangunan nasional lain termasuk MP3EI.
                   Dapat disimpulkan dari kutipan di atas bahwa Kompas memberika opini mengenai peristiwa kenaikan harga BBM agar membangun infrasturktur pada pedesaan.
                  
                        Berikut opini yang disampaikan Jawa Pos pada kolom Jati Diri-nya.
Menaikkan harga BBM sebenarnya juga aspirasi akal sehat. Kalau diturutu, pasti semua ingin murah dan mudah saat ini. Subsidi keblabasan adalah cara berfikir jangka pendek, seperti cari uang yang dihabiskan untuk makan (dan yang makan subsidi ini kebanyakan orang bermobil!).
Padahal, kita perlu “menabung” berupa membangun infrasturktur dan meningkatkan kualitas pendidikan, misalnya. Justru peran pemda penting untuk menjaga akal sehat agar APBN bisa produktif.
Dari kutipan diatas dapat disimpulkan bahwa pada Jawa Pos memberikan opini untuk pembangunan infrastruktur pendidikan dari pada menuntut subsidi untuk dimakan.

DAFTAR RUJUKAN

Kompas. 29 Maret, 2012. Tajuk Rencana: Infrastrukutur Pedesaan, hlm. 6
Jawa Pos. 29 Maret, 2012. Jati Diri: Wakil Wali Kota Memimpin Demo, hlm. 4

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

0 komentar:

Posting Komentar